Tidak Hanya Ajarkan Agama Tapi Juga Membuat Robot

5-sma-assaadah-2

SERANG – Pondok Pesantren tidak hanya belajar soal ilmu agama, tetapi juga diisi dengan ilmu pengetahuan lainnya yang bermanfaat, seperti membuat robot/robotik. Pelajaran robotik tersebut merupakan salah satu ekstra kurikuler (ekskul) yang ada di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Assaadah, Pasir Manggu, Desa Dahu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang.

Guru Pembimbing Robotik Ponpes Modern Assaadah Soni Rizki mengatakan, ekskul robotik berdiri sejak 2012 dan telah menorehkan berbagai prestasi dan penghargaan. Menurutnya, ekskul robotik banyak diminati siswa tapi tidak semuanya bisa dipilih. Hanya mereka yang benar-benar mempunyai keinginan tinggi saja yang memilih eskul robotik ini.

“Dengan adanya ekskul robotik, kami ingin memberikan wadah bagi siswa-siswa Assaadah agar kreatifitas anak-anak semakin tumbuh dan terbuka. Selain agama, di sini juga kami ajarkan soal merakit robot supaya mereka tidak gaptek (gagap teknologi-red),” ujarnya kepada Banten Raya, Jumat (25/9).

Soni mengungkapkan, Ponpes Modern Assaadah belum lama ini diundang dalam ajang World Robotic Olympiad (WRO) di Surabaya. Dalam kesempatan tersebut, Ponpes Assaadah membuat robot yang berfungsi mendeteksi batu akik aslia namanya robot Gemstone Finder.

Soni menerangkan, dalam membuat robot itu, diperlukan waktu satu bulan lebih. “Yang susah itu adalah menentukan program dan building-nya. Ini cukup menguras tenaga dan pikiran,” katanya. Diketahui, meski Ponpes Modern Assaadah belum berhasil meraih prestasi dalam ajang tersebut. Pada 2014 lalu, Assaadah pernah mendapat nominasi pada WRO di Jakarta. Dan pada 2012, Assaadah juga pernah meraih juara III pada acara yang sama dan telah mengikuti olimpiade di Malaysia.

Soni berharap, ekskul robotik di Assaadah bisa terus berkembang dan siswanya semakin banyak menghasilkan karya-karya yang membanggakan. “Mudah-mudahan, hobi mereka (dalam hal membuat robot-red) bisa terus dikembangkan. Ekskul ini menjadi salah satu warna yang ada di sekolah Assaadah,” pungkas Soni. (wayang)

Sumber: (http://bantenraya.com/pendidikan/41-radar-yunior/14546-ponpes-modern-assaadah)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *