Media Pembelajaran TIK Baskom Lite

Salah satu karya untuk pembelajaran Santri Pondok Pesantren Modern Assa’adah oleh salah satu guru pondok pesantren modern Assa’adah.

baskomBaskom (Belajar Asyik Komputer) merupakan media pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berbasis web digunakan tanpa terhubung dengan internet, digunakan untuk guru sebagai media dalam mengajar, atau murid yang ingin mendalami TIK secara autodidak. Dibuat untuk keperluan pendidikan untuk saat ini tersedia hanya untuk tingkat SMP saja. baik untuk kelas 7, 8 dan 9 serta disertai latihan-latihan. BASKOM disesuaikan dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) . Media Baskom ini sangat user friendly. Mudah untuk diinstall, dan dipergunakan. Pembuatan media ini menggunakan software gratis:

1.      CMS (Content Management System) Joomla 1.5

2.      Xampplite 1.7.1 webserver

3.      Ispring Presenter Free

4.      Ispring quiz maker free

5.      Pdf to SWF free

6.      Camstudio (Open Source)
Semoga dengan adanya media ini dapat membantu dalam mempelajari TIK dengan lebih mudah.
CARA Instalasi: 1. Buka cd Baskom dan doble click untuk menjalankan file setup_xampp.bat / extract file baskom.rar
2. Copy seluruh file baskom ke folder c: setelah selesai buka folder baskom.
3. Double Klik  file setup_xampp.bat
3. Tunggu beberapa saat hingga muncul: lalu tekan sembarang tombol
4.   Double click pada xampp_start.exe 5. Buka Browser (mozila/Internet explorer/Google chrome) atau yang lainya kemudian ketikkan di address bar    http://localhost/baskom 5. Silahkan register dulu untuk memulai dengan mengisi setiap kolom yang disediakan setelah selesai kemuadian login dengan username dan password yang sudah dibuat.
Silahkan menikmati. Catatan:  Untuk lebih jelasnya silahkan download Media BASKOM ini, didalamnya sudah ada manual Instalasinya Dilarang merubah nama apapun yang tertera dalam media pembelajaran ini. Mudah-mudahan kita bisa saling menghargai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *